Peranan Digital Marketing Setelah Pandemi Covid-19 Untuk UMKM Mempromosikan dan Mengembangkan Bisnis

KABUPATEN BEKASI – Di era digital seperti sekarang ini mengedepankan teknologi dapat dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran. Perkembangan teknologoi tersebut menuntut semua lini kehidupan hrus beradaptasi dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Pemanfaatan teknologi yang baik dapat menjangkau peminat yang lebih luas dan memasarkan produk ke berbagai platform yang tersedia. Digital Marketing merupakan pemanfaatan teknologi dan informasi yang harus dilakukan pelaku usaha UMKM untuk memasarkan produk yang ditawarkan sebuah bisnis.

Hal ini bisa menjadi strategi untuk mencipatakan ketertarikan dan meraih jumlah banyak orang dalam permintaan suatu produk. Digital Marketing dapat diterapkan untuk dapat membantu usaha UMKM lebih mudah diketahui dan dikenal oleh masyarakat. Hampir seluruh daerah di Indonesia saat ini sudah menggunakan internet, kemudian industry atau usaha yang dijalanin harus inovatif dan sustain sesuai dengan tujuan SDGs (Sustainable Development Goals). Sebabnya mengapa begitu pentingnya Digital Marketing dalam usaha baik skala kecil dan mikro. Keuntungan dalam menggunakan platform digital untuk memanfaatkan bisnis dan mengembangkan bisnis lebih diketahui banyak orang.

Digital Marketing saat ini menjadi strategi yang bagus untuk pelaku bisnis terutama UMKM untuk menjangkau banyak orang yang menciptakan ketertarikan dan permintaan terhadap produk. Kelebihan yang didapat pelaku bisnis UMKM dengan memanfaatkan platform digital marketing untuk strategi bisnis ialah sebagai berikut:

1.Dapat menjangkau audiens secara lebih luas
Dengan penerapa strategi marketing digital, pelaku bisnis dapat menjangaku audiens secara lebih luas serta meningkatkan antusias audiens tertarik terhadap produk yang ditawarkan. Dalam melakukan strategi pemasaran digital diperlukan target audiens yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis. Strategi pemasaran digital ini juga biayanya murah disbanding menggunakan marketing konvesional.

2.Tidak memerlukan banyak SDM dalam proses pemasaran.
Dalam pemasaran konvensional memerlukan banyak SDM dan juga membutuhkan biaya yang banyak. Tetapi disaat era seperti saat ini dengan menerapkan strategi digita;marketing dapat menekan biaya cost untuk pemasaran dan membayr orang untuk memasarkan produk di perumahan atau jalanan.

3.Proses pemasaran lebih efficient dan efektif
Dengan menerapkan strategi pemasaran digital membuat tim pemasaran lebih efektif dan efisien dalam memasarkan produk yang akan dikenalkan ke masyarakat dan akan mendapatkan antusias audiens yang melihat secara langsung terhadap produk yang ditawarkan. Dengan memanfaatkan internet sudah dapat mamasarkan produk yang ditawarkan dan melakukan engagement dengan konsumen.

4.Proses branding produk lebih mudah dan efficient waktu
Dalam pemasaran konvensional kelemahannya ialah jangkauan promosi yang sangat terbatas dan perlu mengeluarkan biaya extra jika ingin melakukan lebih banyak branding ke konsumen. Dengan menerapkan strategi pemasaran digital marketing, memposting konten atau iklan sudah bisa menjangkau audiens lebih banyak dan tak terbatas.

5.Pertumbuhan bisnis berkembang lebih cepat
Pertumbuhan penjualan akan meningkat drastic dalam waktu yang cepat, sudah banyak contoh yang menerapkan strategi digital marketing ini sebagai proses pemasaran produk nya untuk dijangkau oleh orang banyak.

Digital marketing dalam proses pemasarannya ada beberapa jenis yang bisa dimanfaatkan untu menjalankan strategi yang sudah dibahas sebelumnya. Jenis strategi digital marketing ini bisa dibilang ampuh dalam menjalankannya sesuai dengan target market dan audience terhadap produk. Ini merupakan beberapa jenis digital marketing yang bisa dilakukan untuk pemanfaatan bisnis sebagai berikut:

1.Social media marketing
Dengan sudah canggihnya zaman saat ini hamper semua orang memiliki hp dan jaringan internet untuk mengupdate dan melihat apapun di social media. Platform ini dapat membantu UMKM memasarkan produk melalui platform media social seperti Instagram, Facebook, YouTube dan Twitter karena dapat dilakukan dengan biaya yang rendah bahkan bisa gratis. Hal ini dapat mempengaruh brand produk meningkat pesat dan dikenal banyak orang.

2.Search Engine Marketing (SEM)
Usaha yang dilakukan untuk membuat pencarian di internet mudah ditemukan dalam system pencarian. Search engine marketing terbagi atas Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). SEO dilakukan dengan memakan waktu yang agak lama dan relatif murah dibandingkan SEM yang lebih mahal namun cepat.

3.Online advertising
Melakukan promosi melalui internet dengan berbayar untuk mendapatkan banyak pencarian terhadap produk yang ditawarkan. Cara ini memudahkan untuk menjangkau konsumen lebih cepat dan memuaskan namun membutuhkan beberapa biaya.

4.Video Marketing
Cara ini merupakan hal yang lebih kompleks dengan memberikan video tentang bisnis, produk dan mengambil testimonial dari pelanggan untuk menarik lebih banyak pembeli yang tertarik.

Berdasarkan bisnis strategi dan jenis digital marketing dapat menjadi sarana yang tepat bagi para pelaku UMKM untuk bersaing dan menghadapi era digitalisasi. Dengan era digitalisasi sector UMKM mulai banyak beralih dari melakukan strategi pemasaran konvensional ke strategi pemasaran digital untuk menekan biaya pemasaran dan memanfaatkan berbagai sarana strategi pemasaran digital ini bisa efektif melakukan pemasaran melalui media social untuk mengembangkan bisnis. Selain itu, dengan digital marketing pelaku UMKM memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan pasar di online seperti melalui Gofood, Shopeefood dan Grabfood. Disisi lain juga konsumen lebih mudah dalam melakukan pencarian dengan cara menjelajahi dunia maya melalui internet.

Dengan melakukan pemasaran digital marketing membuat UMKM sebagai salah satu kekuatan ekonomi yng dapat berperan cukup besar dalam menunjang ekonomi negara Indonesia dan berperan terhadap kekuatan ekonomi daerah dengan segala kearifan dan ciri khas lokal. Dalam menunjang kekuatan ekonomi nasional UMKM memiliki ketahanan yang tinggi sehingga dapat mempertahankan serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Strategi digital marketing ini dapat dimanfaatkan dengan baik melalui media social bagi kelangsungan usaha para UMKM karena para pelaku dapat sekalian belajar untuk berkembang sebagai upaya untuk memperluas pangsa pasar serta meningkatkan daya saing hingga kancah internasional. Era digital ini harus dihadapi oleh semua sektor pelaku UMKM agar mampu bertahan dan bersaing dengan memanfaatkan segala sarana yang ada serta pinter dalam melihat peluang improvement dan memanfaatkan perkembangan era digital.

Pemanfaatan strategi digital marketing ini juga bisa dipandang sebagai potensi yang besar bagi UMKM, akan tetapi tentunya dalam menggunakan strategi ini harus membutuhkan sumber daya yang mengerti dan paham akan teknologi. Oleh karena itu sosialisasi dan pelatihan untuk para pelaku UMKM menggunakan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan serta pemahaman pelaku UMKM mengenai Digital Marketing untuk kesuksesan dalam mengimplementasikan bisnis.

Penulis : Adam Raihan Rianthomy
President University
Jurusan : Marketing Magister Management

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *