Plt Bupati Bekasi Dampingi Presiden Jokowi Luncurkan Mobil Listrik Pertama Buatan Indonesia

33

BOJONGMANGU – Plt. Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki, mendampingi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meluncurkan mobil listrik pertama buatan Indonesia yang diproduksi oleh PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dengan tipe IONIQ5, pada Rabu (16/3/2022).

Pada kesempatan tersebut sekaligus dirangkaikan dengan peresmian PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, yang terletak di kawasan industri Deltamas, Bojongmangu, Kabupaten Bekasi.

Plt. Bupati Bekasi menyampaikan rasa bangganya terhadap peluncuran mobil listrik pertama buatan Indonesia, yang juga merupakan mobil listrik buatan pelaku industri di Kabupaten Bekasi.

“Baru saja saya selesai mendampingi bapak Presiden ke PT HMMI untuk meresmikan mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia. Saya bangga karena PT HMMI ini merupakan pelaku industri di Kabupaten Bekasi,” ucapnya saat diwawancarai di tempat terpisah.

Ia menambahkan bahwa, dengan diproduksinya mobil listrik tersebut, akan membawa dampak positif bagi masyarakat, terutama dari sektor penyerapan tenaga kerja masyarakat asal Kabupaten Bekasi. Selain itu, dampak positif tersebut juga telah dirasakan dengan terpilihnya Kabupaten Bekasi sebagai Kabupaten/Kota dengan capaian realisasi investasi tertinggi di Indonesia pada tahun 2021.

“Kemarin kita juara pertama untuk capaian realisasi investasi. Itu juga salah satu dampak positif dari hadirnya PT HMMI di Kabupaten Bekasi. Tentunya ada dampak juga bagi tenaga kerja karena banyak menyerap tenaga kerja asal Kabupaten Bekasi,” tambahnya.

Terakhir, ia berharap kepada seluruh investor untuk dapat memulai investasinya di Kabupaten Bekasi, dikarenakan Pemerintah Kabupaten Bekasi telah berhasil membuktikan bahwa Kabupaten Bekasi memiliki iklim investasi yang aman, damai, dan terkendali.

“Saya berharap semua investor jangan segan-segan berinvestasi di Kabupaten Bekasi, karena Kabupaten Bekasi adalah tempat berinvestasi yang aman, damai, dan terkendali.” harapnya.

Sementara itu, Presiden RI, Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan bahwa, peluncuran mobil listrik pertama buatan Indonesia ini merupakan hal yang telah ditunggu-tunggu, karena ia ingin adanya transisi besar-besaran dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil, menjadi mobil listrik yang dinilai ramah lingkungan.

“Ini momen yang terus saya tunggu-tunggu, karena kita ingin segera transisi dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil menjadi mobil listrik yang ramah lingkungan,” jelasnya.

Ia berharap agar kegiatan peluncuran ini dapat menjadi milestone penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, guna memacu pengembangan listrik yang semakin canggih lagi di masa depan.

“Saya harapkan mobil listrik ini akan menjadi milestone penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, dan dapat memacu pengembangan mobil listrik yang semakin canggih dan diminati.” tuturnya.

Pada kegiatan tersebut turut hadir jajaran Menteri Kabinet Indonesia, Gubernur Jawa Barat, Kapolda Metro Jaya, Kapolres Metro Bekasi, Danrem 051/Wijayakarta, serta jajaran PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia. (*)