Dewan Faizal Apresiasi Trend Menanam Pohon Anggur di Cikarang

KABUPATEN BEKASI – Menanam buah anggur menjadi salah satu trend yang sedang digeluti sejumlah masyarakat di Kabupaten Bekasi. Bahkan, di antara mereka telah membentuk komunitas Anggur Cikarang (PAC) dimana menjadikan wadah perkumpulan para penanam buah anggur di Kabupaten Bekasi.
Banyaknya masyarakat pecinta tanaman anggur membuat anggota DPRD Jawa Barat Faizal Hafan Farid memberikan respon positif. Bahkan, politisi PKS itu mendatangi langsung petani anggur di Kabupaten Bekasi.
“Ya ternyata penanam buah anggur di wilayah Kabupaten Bekasi itu jumlahnya semakin banyak di Kabupaten Bekasi, bahkan mereka juga telah membentuk komunitas. Artinya ini merupakan potensi yang luar biasa yang ada di Kabupaten Bekasi,” ujar Faizal Hafan Farid.
Menurutnya, menjamurnya para pecinta tanaman anggur di Kabupaten Bekasi tidak lepas dari mudahnya menanam buah yang dikenal dengan nama latin Vitis Vinivera. Selain manis dan nikmat dicicipi, jika tanaman anggur digarap dengan serius dapat memberikan nilai ekonomis yang cukup tinggi.
Dewan Dapil Kabupaten Bekasi itu mengatakan sudah selayaknya pemerintah daerah memberikan perhatian kepada para petani anggur di Kabupaten Bekasi. Dengan dukungan dari pemerintah daerah, Faizal yakin tanaman anggur agar memilliki nilai manfaat yang lebih besar lagi, khususnya bagi peningkatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Bekasi.
“Bahkan mereka para pecinta buah anggur pelan-pelan mulai rajin berkumpul dan mendeklarasi sebuah komunitas yang mewakili daerah mereka. Sebut saja Komunitas Anggur Cikarang salah satunya, dari namanya saja, sudah sangat tampak mewakilkan kecintaan dan hobi dari para anggotanya,” ungkapnya.
Faizal juga menyempatkan diri berbincang dengan Komunitas Anggur Cikarang. Hasil dari obrolan tersebut menginginkan agar diadakan festival atau lomba anggur dimana acaranya bertujuan untuk silaturahmi serta bertukar pengalaman dalam budidaya buah anggur.
“Yang tentunya jika ada festival atau lomba anggur ini menjadi daya tarik bagi penghobi anggur, praktisi pertanian ataupun masyarakat umum,” katanya
Anggota Komisi 2 DPRD Provinsi Jawa barat, H.Faizal Hafan Farid asal dapil Kab.Bekasi ini sangat mengapresiasi dengab rencana usulan kegiatan pembinaan dan festival lomba anggur. Menurutnya, patut diagendakan secara rutin dan berkesinambungan karena dapat merangsang generasi muda mencintai dunia pertanian, khususnya dalam berkebun anggur.
Tanaman anggur yang berasal dari negara subtropis ini memang memiliki pesonanya sendiri di Indonesia. Apalagi kemampuannya yang tumbuh subur dan berbuah lebat di negara tropis.
Selain itu, bisa panen sepanjang musim dalam satu tahun. Berbeda dengan negara asalnya subtropis yang hanya bisa berbuah sekali dalam satu tahun. “Bicara potensinya, beragam pula, baik sebagai hobi, kebun wisata maupun kebun produksi. Bisnis bibit anggur juga tidak kalah menjanjikan,” jelas Faizal.
“Saya sudah pernah menemui para anak-anak muda terjun di bisnis pembibitan anggur. Menurut salah satu pegiatnya, permintaan bibit anggur mengalami peningkatan trend tiap tahunnya,” tambahnya.
Di sela-sela kesibukan kegiatannya, anggota DPRD Jabar yang biasa dipanggil Bang Haji Faizal sempat mengobrol Slamet Widodo dan rekan dari pegiat Komunitas Anggur Cikarang. Komunitas yang baru saja mendapat sertifikat komunitas anggur dari dinas Pertanian Kabupaten Bekasi jika petani anggur sudah bisa naik level.
“Dari yang awalnya hanya iseng berkebun di rumah dan di lahan, sekarang bisa mulai berkebun skala luas. Agar, ke depannya kebutuhan anggur dapat tercukupi dari dalam negeri,” tegasnya.
“Ya, sekali lagi saya setuju. Bahkan sangat setuju. Semoga dengan adanya acara seperti ini dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap buah anggur yang dibudidayakan di Indonesia khususnya wilayah Cikarang dan sekitarnya,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *