Deltamas Matsuri 2022, Lestarikan Kebudayaan Jepang-Indonesia

BEKASI-Guna mempererat hubungan Indonesia- Jepang, Sinar Mas Land dan Sojid Corporation melalui PT Puradeltamas mengadakan Festival Budaya Deltamas Matsuri yang didukung oleh Komunitas Alumni Jepang di Indonesia (KAJI), Keduataan Besar Jepang di Indonesia, serta Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. Acara berlangsung dua hari berturut-turut pada 1 dan 2 Oktober 2022 di Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi.

Deltamas Matsuri merupakan ajang pertunjukan keberagaman budaya Jepang-Indonesia yang bertujuan melestarikan budaya dan meningkatkan pariwisata serta industrial kreatif bagi komunitas masyarakat Jepang-Indonesia sekitar Kota Deltamas serta wilayah Jakarta dan Jawa Barat.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi atas terselenggaranya Deltamas Matsuri 2022 .

“Harapannya kegiatan ini semakin menarik wisman Jepang untuk berkunjung ke Indonesia serta dapat memperluas peluang dan mempromosikan pariwisata Indonesia kepada Jepang,” tuturnya.

Dalam kata sambutannya, Direktur Operasional Kota Deltamas, Robertus Satriotomo mengatakan Deltamas Matsuri 2022 ini diadakan karena cukup banyak ekspatriat Jepang yang bekerja di kawasan industri GIIC dan sekitar Cikarang dan menggerakkan roda ekonomi dan pelaku UMKM di Kabupaten Bekasi.

“Deltamas Matsuri ini baru pertama kali, mudah-mudahan kedepan kegiatan ini bisa lebih baik lagi. Selain saat ini kita bekerjasama dan berkolaborasi dengan kebudayaan Jepang nantinya dengan dukungan bapak Bupati Kita akan berusaha lagi dan mencoba membuat festival budaya dari negara lain.

Sementara itu, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan kami sangat bangga dengan kegiatan seperti ini. Ini menunjukan keberagaman budaya yang ada di Kabupaten Bekasi yang tentunya kami akan terus mempertahankan budaya asli dan budaya lokal.

“ dengan sering perkembangan industri di Kabupaten Bekasi maka budaya-budaya dari luar akan kami terima dan berkolaborasi serta bisa dikembangkan bersama” ujar Dani

Melalui festival ini budaya dari Jepang ini bisa kita kenalkan dan masyarakat bisa melihat dan mengambil inspirasi karena dari setiap budaya yang ada di dunia ini pasti ada nilai-nilai positif.

“ kita kolaborasikan budaya ini dengan budaya setempat sehingga nanti kedepan masyarakat Kaupaten Bekasi mempunyai budaya unggul yang tidak hanya berasal dari warisan leluhurnya tetapi juga di perkuat dengan budaya lain yang datang ke Bupaten Bekasi” pungkasnya

Selain dengan KAJI dan Kedubes Jepang acara ini juga bekerjasama dengan Japan Foundation, JETRO, INTO (Japan National Tourism Organization), AOTS (The Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable Partnerships). CIC (Cikarang Japan Club), BPPD (Badan Promosi Pariwisata Daerah) Kabupaten Bekasi, KADIN Kabupaten Bekasi dan IABIE (Alumni Habibie) di Indonesia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.(IM)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *