Pemkab Bekasi Dukung Pembangunan Kawasan Food Estate Korem 051/Wijayakarta

45

BEKASI-JABALINE.COM-Pemerintah Kabupaten Bekasi siap mendukung pembangunan kawasan Food Estate yang dikelola oleh Komando Resort Militer (Korem) 051/Wijayakarta yang berada di Desa Wanajaya Kecamatan Cibitung.

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, bahwa kegiatan pengelolaan Food Estate dari Korem 051/Wijayakarta ini sangat bagus dengan konsep terpadu yaitu ekonomi, edukasi dan wisata.

“Ya, kami sangat bangga dengan adanya program Food Estate yang digagas oleh Korem 051/Wijayakarta dengan konsep terpadu, bukan hanya produksi pertanian dan ekonomi saja, melainkan ada aspek edukasi serta rekreasi sehingga ini jadi percontohan,” terang Pj Bupati Dani Ramdan saat meninjau Food Estate Korem 051/Wijayakarta, didampingi Camat Cibitung Encun Sunarto, di Desa Wanajaya Cibitung, pada Rabu (1/6/22).

Pj Bupati Bekasi menyampaikan, terkait Food Estate ini, Pemerintah Kabupaten Bekasi berkomitmen akan mendukung melalui APBD atupun Corporate Social Responsibility (CSR).

“Ya, kami siap mendukung pengelolaan Food Estate ini dengan memanfaatkan otoritas kami, baik dari APBD maupun CSR yang bisa diarahkan ke sini, dengan sarana dan prasarana pendukung, untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat dan juga penataan lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu, Komandan Korem 051/Wijayakarta, Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto mengatakan, bahwa lahan Food Estate tersebut milik Kodam Jaya seluas 42 hektar, dimana 28 hektar lahan tersebut sudah diolah oleh kelompok tani berupa pesawahan.

“Ya, lahan ini dimanfaatkan oleh kelompok tani, untuk pesawahan, dan nanti sisanya digunakan untuk tanaman produktif seperti kelengkeng, alpukat, durian, jagung, kedelai serta palawija dan sisanya lagi untuk peternakan,” katanya.

Selain itu, Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto mengatakan, nantinya di lokasi tersebut juga akan dibangun embung untuk membantu pengairan untuk pesawahan, karena di wilayah tersebut sering kali para petani kesulitan air dalam mengolah sawahnya.

“Ya, nanti kita akan buatkan embung air untuk mengairi pesawahan, karena di lokasi ini airnya kurang untuk mengairi pesawahan dan menyiram tanaman yang berada di sekitar sini,” ungkapnya.

Yustinus mengungkapkan, program Food Estate yang terdiri dari tiga pilar, yakni edukasi, wisata dan ekonomi ini diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat dan dapat membantu para pelaku UMKM di wilayah tersebut.

“Kami berterimakasih kepada Pemkab Bekasi yang mendukung program Food Estate ini, semoga kita bisa menjalankan dengan baik sehingga bisa mensejahterakan masyarakat,” terangnya.