Menparekraf Sandiaga Uno Resmikan Jababeka Movieland

KABUPATEN BEKASI – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, meresmikan Jababeka Movieland, di Kabupaten Bekasi, Sabtu (9/7/2023).

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti berikut nota kesepahaman di Gedung Movieland Kota Jababeka, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang melibatkan Perum Produksi Film Negara, Badan Perfilman Indonesia, President Universityserta PT Jababeka Tbk.

Dalam kata sambutannya Sandiaga Uno mengaprisiasi Jababeka yang sudah membangun Movieland sejak belasan tahun lalu dilengkapi ekosistem fasilitas pendukung demi meningkatkan industri film di Indonesia, sejalan dengan program kemitraan lintas sektor Kemenparekraf RI dalam penyediaan tempat atau set latar film.

Jababeka yang sudah membangun Movieland sejak belasan tahun lalu dilengkapi ekosistem fasilitas pendukung demi meningkatkan industri film di Indonesia, sejalan dengan program kemitraan lintas sektor Kemenparekraf RI dalam penyediaan tempat atau set latar film.

Jababeka Movieland merupakan kawasan industri film dan televisi yang akan dikembangkan Jababeka di atas lahan seluas 35 hektare dengan visi menyediakan fasilitas untuk kebutuhan industri film dan televisi Indonesia.

Setelah melakukan peletakan batu pertama pada 20 Agustus 2008, Jababeka Movieland diharapkan menjadi pusat industri film dan televisi terintegrasi yang menyediakan fasilitas program studi film, studio film, dan taman tema perfilman, seperti di Universal Studios Amerika Serikat.

Sementara itu, Founder dan Chairman PT Jababeka Tbk Setyono Djuandi Darmono mengatakan bangunan dan fasilitas yang ada di Kota Jababeka sudah bisa membantu untuk kebutuhan shooting. Apakah untuk latar belakang cerita yang butuh latar tempat perkotaan, perkantoran, rumah sampai perdesaan.

“Karena ekosistem di Kota Jababeka sudah matang atau lengkap fasilitasnya di mana telah menjadi rumah bagi lebih dari 2.000 perusahaan nasional dan multinasional yang berasal dari 30 negara dan UMKM. Peresmian ini adalah bukti komitmen kami mendorong industri film dan televisi di Indonesia,” katanya.

Selain acara peresmian Jababeka Movieland juga menyerahkan penghargaan kepada sejumlah tokoh yang berjasa memajukan industri film di Indonesia mulai Jajang C. Noer, Slamet Rahardjo Djarot, Niniek L. Karim, Rina Hasyim, hingga Joko Anwar. (IMM)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *