Sukses Tekan Angka Stunting, Subang Raih Anugerah Manggala Karya Kencana

Foto : Pemkab Subag meraih Anugerah Manggala Karya Kencana dari BKKBN. Penghargaan itu atas perstasi Subang yang dinilai sukses menekan angka stunting.

Jabarline.com, Subang – Pemkab Subag meraih Anugerah Manggala Karya Kencana dari BKKBN. Penghargaan itu atas perstasi Subang yang dinilai sukses menekan angka stunting.

Penghargaan tersebut diterima Bupati Subang H Ruhimat di Medan. Penghargaan tersebut diserahkan atas prestasi yang menonjol dan komitmen serta kepemimpinannya dalam menggerakkan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana untuk Terwujudnya keluarga berkualitas dan Penduduk tumbuh seimbang.

Bacaan Lainnya

Pada kegiatan tersebut, BKKBN meraih Rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan raihan kegiatan Apel Siaga TPK Bergerak Tingkat Nasional dengan peserta terbanyak yang dilaksanakan di Kabupaten Subang secara hybrid. Penghargaan diserahkan oleh perwakilan MURI kepada Kepala BKKBN didampingi oleh Bupati Subang.

Kepala BKKBN Dr. (H.C) Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) dalam sambutannya menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Perpres no. 72 tahun 2021 dalam rangka untuk percepatan penurunan stunting menuju angka 14% di tahun 2024, dimana Presiden Jokowi menyatakan bahwa keluarga-keluarga muda harus menjadi perhatian utama, karena keluarga-keluarga muda lah yang berpotensi melahirkan anak-anak stunting.

Dr. Hasto Wardoyo juga menyampaikan bahwa stunting menjadi ancaman kualitas generasi muda dan kualitas bangsa sehingga penurunan angka stunting harus menjadi prioritas.

“Hari ini saya sampaikan bahwa generasi muda ini 24,4% Stunting, kemudian yang 9,8% mental emosional disorder yang 5% Napza, yang 1% autisme, dan yang 3% difabel, sehingga generasi kita yang kurang optimal itu sudah hampir 40% lebih, inilah makanya yang terbesarnya adalah stunting sehingga ketika kita bisa menurunkan stunting maka kita sudah mengurangi faktor-faktor pemberat untuk kualitas SDM.” paparnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.