Kabupaten Bekasi Bersiap Menjadi Tuan Rumah MTQ Ke-38 Jabar

MTQ : Pemerintah Kabupaten Bekasi terus mematangkan persiapan menjadi Tuan Rumah Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Barat 2024. FOTO DANI IBRAHIM/ DISKOMINFOSANTIK KAB BEKASI.

KABUPATEN BEKASI – Pemerintah Kabupaten Bekasi mematangkan kesiapan menjadi tuan rumah acara Musabaqoh Tilawatil Qur’an Ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang rencananya akan digelar di Kabupaten Bekasi pada 27 April sampai dengan 4 Mei 2024.

Rapat pematangan konsep dan persiapan acara MTQ ini dipimpin langsung Pj Bupati Dani Ramdan didampingi Sekretaris Daerah Dedy Supriyadi, Asda 1 sekaligus Ketua Umum LPTQ Kabupaten Bekasi serta para kepala bagian Setda Kabupaten Bekasi di Ruang Rapat Bupati, Kompleks Pemkab Cikarang Pusat pada Selasa (27/02/2024).

“Kita terus perdalam ya, tadi saya sudah perintahkan mungkin dua Minggu setelah ini kita matangkan kembali agar gagasan yang dilempar dan disempurnakan ini nanti dipaparkan kepada seluruh peserta,” jelas Dani Ramdan usai rapat.

Dia juga mengajak kepada seluruh warga Kabupaten Bekasi turut meramaikan dan mensyiarkan acara tersebut. Dia mengharapkan para pelajar, santri dan mahasiswa agar dapat menyaksikan gelaran tersebut untuk memunculkan minat mendalam terhadap Al-Qur’an.

“Harapannya masyarakat bisa ikut aktif hadir di acaranya selama sepekan. Kita juga akan tayangkan secara streaming di channel youtube dan medsos. Sekaligus kami sangat berharap terutama para pelajar, mahasiswa, santri bisa hadir,” ungkapnya.

Senada Asisten Pemerintahan dan Kesra (Asda 1) Setda Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti 11 Venue yang sudah ditetapkan sebagai tempat pelaksanaan pertama yakni Aula KH Noer Ali, Aula RKH Mamun Nawawi, Aula BPBD, Aula Diskominfosantik, Aula Kodim, Balai Rakyat, Disbudparpora, Baznas, ULP, Komplek Pemda, Kecamatan Cikarang Pusat.

Selanjutnya, Gedung Teater Dinas Pariwisata dan Lapangan Bulutangkis, Komplek Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur.

“Susunan acara sudah dilakukan pembahasan, begitupun susunan acara, peserta hingga dewan hakim. Pada MTQ 2024, Ada kegiatan ta’aruf, bazaar. Juga perlombaan sendiri sudah ditetapkan 12 venue,” jelas Sri Enny.

Sementara Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten Bekasi, Beni Yulianto Iskandar menargetkan Kafilah Kabupaten Bekasi dapat meraih prestasi Juara Umum pada MTQ- 38 Tingkat Provinsi Jawa Barat 2024.

Sampai saat ini, kata dia, 54 Kafilah yang akan diturunkan pada MTQ diberikan pelatihan dan pembinaan secara intensif di bawah Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Bekasi.

“Persiapan yang matang, tentunya menjadi ukuran untuk bisa meraih target juara umum. Pembinaan sudah beberapa kali dan intensif, pada kafilah yang kita dimiliki,” ujar Bennie Yulianto Iskandar, Pada Rabu (20/03/2024).
Bahkan, Pada Tahun 2023 sebanyak empat kali pembinaan dilaksanakan. Untuk selanjutnya, mematangkan persiapan melalui pembinaan lanjutan, sebelum pelaksanaan MTQ.

Sebagai tuan rumah, target Juara Umum seyogyanya menjadi target penting dalam capaian MTQ Jabar tahun ini. Dalam hal ini, Bennie menegaskan bahwa Kabupaten Bekasi akan mengikuti semua cabang lomba.
“54 kafilah akan mengisi semua cabang lomba. Baik putra- putri maupun antar golongan, anak-anak remaja dan dewasa, kita ikut semua,” tambahnya.

Untuk Capaian prestasi pada MTQ ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022 yang dilaksanakan di Kabupaten Sumedang, kafilah Kabupaten Bekasi meraih peringkat ke-4 dengan 5 emas (juara pertama). Selanjutnya pada MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat ke- 36 yang digelar di Subang pada 3 – 10 September 2020.

Kafilah Kabupaten Bekasi berhasil meraih prestasi menempati peringkat ke-5 dengan raihan nilai total 27 serta mengantongi tiga medali emas yaitu dari Qori golongan Tuna Netra Putra, Qori golongan 5 Juz dan Tilawah Putra dan Golongan Hiasan Mushaf Putri. (*/amh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *